Jl. Bantar Gebang Setu No.889, RT.001/RW.007, Padurenan, Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 17156
6 Tips agar Bisnis Makin Berkembang dari Waktu ke Waktu
Home/BISNIS / 6 Tips agar Bisnis Makin Berkembang dari Waktu ke Waktu

 HUBUNGI VIA WHATSAPP

6 Tips agar Bisnis Makin Berkembang dari Waktu ke Waktu

6 Tips agar Bisnis Makin Berkembang dari Waktu ke Waktu

1.Review Perkembangan Bisnis Anda Selama Ini

Cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar pertama adalah dengan melakukan review terhadap pertumbuhan bisnis Anda sejauh ini. Coba untuk melakukan evaluasi atas langkah-langkah yang telah Anda usahakan selama berbisnis. Dengan demikian, Anda bisa menilai dan melihat hal apa saja yang harus diperbaiki dan dikembangkan.

2.Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk

Mungkin saja, salah satu hal yang menghambat bisnis Anda sulit bertumbuh karena produk kurang diminati. Oleh sebab itu, cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar selanjutnya adalah menganalisa keunggulan dan kelemahan produk. Keunggulan yang telah ada dari produk terus dikembangkan kualitasnya dan diinovasi, sementara kelemahan produk berusaha diminimalisasi bahkan dihilangkan.

3.Cari Tahu di Mana Letak Masalah Bisnis

Masalah dalam usaha adalah hal wajar, tetapi jika tidak segera diselesaikan akan mengganggu kestabilan perusahaan. Oleh karena itu, cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar adalah mencari tahu letak masalah bisnis. Untuk memulai mencari masalah, Anda bisa berangkat dari lima komponen utama di bisnis, yaitu operasional, keuangan, SDM, pemasaran, dan kepemimpinan. Teliti satu per satu komponen tersebut dan cari tahu mana yang paling mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

4.Buat Solusi Pemecahan Masalah Segera

Setelah menemukan masalah yang terjadi dalam bisnis, cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar berikutnya adalah membuat solusi pemecahan atas masalah. Setelah menemukan letak masalah bisnis serta divisi sumbernya, langsung buat solusi masalah tersebut saat itu juga. Jika kesulitan mencari pemecahan sendiri, jangan sungkan untuk meminta masukan dari berbagai pihak seperti tim, mentor, hingga keluarga.

5.Analisa Kompetitor Saat Ini

Menganalisa kompetitor adalah salah satu cara mengembangkan usaha dengan modal kecil. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pesaing. Selain dapat memahami pesaing bisnis lebih dalam, analisa kompetitor dapat membantu Anda membuat rencana strategis guna mengalahkan kompetitor dan menjadikan bisnis Anda mampu bertahan dengan perkembangan pesat.

6.Lakukan Kerjasama dengan Bisnis Lain

Cara mengembangkan usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah melakukan kerjasama dengan bisnis lain. Kolaborasi akan membuat bisnis Anda semakin kuat. Apalagi jika bisnis yang Anda ajak kerjasama lebih populer daripada Anda. Dengan demikian, Anda dapat meniru gaya promosi partner bisnis Anda dan berkesempatan menjangkau pasar dari bisnis tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *